Penyebab Kulit Kering

Penyebab Kulit Kering – Pada umumnya kulit kering tidak menimbulkan masalah serius, tetapi dapat mempengaruhi kualitas hidup, rasa tidak nyaman, estetik kulit yang buruk karena berkerut, dan merusak mood.

Bukan rahasia lagi, kulit merupkana kecantikan. Wajarlah, banyak perempuan rela menghabiskan waktu dan uang untuk melakukan perawatan kulit. Siapa sih yang tidak ingin berkulit putih, mulus dan kencang? Sayangnya mendapatkan kulit impian itu tidaklah mudah, ada saja masalah yang timbul, salah satunya kulit kering. Kulit kering sering dialami. Sebagian besar Penyebab Kulit Kering dipengaruhi oleh faktor cuaca, kebiasaan hidup, dan ada pula yang disebabkan oleh penyakit tertentu.

 Penyebab Kulit Kering

Penyebab Kulit Kering

Ciri dari kulit kering adalah kulit terasa kaku/tegang seperti tertarik setelah mandi, berendam, atau berenang. Kulit kering juga terlihat mengkerut dan dehidrasi. Pada kulit kering, kulit akan terasa gatal dan seringkali rasa gatal tersebut bertambah setelah garukan yang berulang, kulit terlihat pecah-pecah, bersisik (scaling) atau mengelupas (peeling). Pecahan kulit mungkin saja mengakibatkan perdarahan ringan.

Penyebab kulit kering

Ada beberapa hal yang menyebabkan kulit menjadi kering. Sebagian besar penyebab kulit kering adalah faktor lingkungan, misalnya :

  • Cuaca. Pada umumnya kulit kering pada saat musim dingin, saa suhu dan kelembaban sangat rendah.
  • Air Conditioner. Pemanas ruangan, dapat menurunkan kelembaban dan mengakibatkan kulit kering.
  • Mandi dengan shower atau air panas terlalu sering dapat menghancurkan lapisan lemak permukaan kulit yang merupakan pelembab alami kulit. Selain itu terlalu sering berenang di kolam renang yang mengandung klorin juga dapat membuat kulit kering.
  • Sabun dan deodorant mengakibatkan kehilangan lapisan lemak dan air dari kulit. Demikian pula dengan detergent dan sabun anti bakteri/antiseptik. Sedapat mungkin hindari penggunaan sabun seperti itu, pilih sabun yang mengandung bahan pelembab.
  • Paparan sinar matahari juga dapat membuat kulit mengering
  • Dermatitis apotik. Penderita yang mengalami hal ini, kulitnya menjadi sensitif dan kering. Sehingga penderita merasa kulit kering dan gatal berlebihan. Daerah yang sering terkena wajah, sisi leher, lipatan siku, pergelangan tangan, lutut dan pergelangan kaki
  • Psoriasis. Kondisi kulit ini ditandai dengan pertumbuhan kulit kemerahan yang kasar, kering dan sisik tebal berlapis-lapis.
  • Gangguan kelenjar tiroid. Akibat terlalu rendahnya kadar hormon tiroid, maka aktivitas kelenjar keringat dan kelenjar minyak kulit menurun. Kulit jadi kasar dan kering.

Setiap orang dapat mengalami kulit kering, hanya saja ada beberapa faktor risiko pada orang tertentu, misalnya usia lanjut, karena jumlah kelenjar minyak yang berfungsi untuk melembabkan kulit sudah berkurang mengikuti proses penuaan kulit. Pada bayi kelenjar minyaknya justru belum berkembang sempurna juga dapat mengakibatkan hal ini. Orang yang kecenderungan asma, alergi juga cenderung memiliki kulit kering. Demikian juga pada orang yang sering mandi atau berendam dalam waktu lama. Terlalu sering melakukan luluran/peeling/scrubing juga mengakibatkan risiko kulit kering.

Biasanya pada kulit yang kering mempunyai jenis kulit yang bertekstur tipis dan juga mirip seperti kertas, maka dsaat disentuh rasanya akan kering. Dan pori-porinya sangat baik. Setelah mencuci wajah, kulit akan terasa kencang. Dan disiang hari, akan muncul kulit yang mengering seperti menyerupai bentuh serpihan putih tipis. Cara perawatan yang dipilih untuk jenis kulit kering ini adalah pembersih wajah yang mempunyai tekstur creamy yang bisa membantu untuk menghilangkan kotoran. Kemudian diamkan sekitar beberapa saat sebelum Anda menghapusnya dengan kapas. Basuhlah wajah Anda dengan menggunakana ir dingin untuk mendapatikann hasil yang lebih menyegarkan. Bubuhkanlah pelembab untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

Jika kulit Anda termasuk ke dalam jenis kulit yang kering, maka pilihlah facial jenis hydrating facial. Perawatan ini menjadi sangat kaya akan pelembab yang diformulasikan untuk membantu memberikan kelembapan yang ekstra pada kulit kering.

Untuk jenis kulit yang kering maka sangat dibutuhkan pelembapan. Lingkungan sekitar yang memberikan pengaruh pada kondisi kulit kita. Sengatan akibat sinar matahari, polusi, serta pendingin ruangan, sampai sabun yang bisa menyebabkan lapisan yag muncul pada pelembab kulit yang berkurang. Kemudian gunakanlah pelembab agar lapisan kulit yang paling luar senantiasa tetap terlindungi. Agar menjadi lebih efektif, maka gunakanlah pelembab disaat kulit dalam keadaan bersih dan sudah menyerao air karena proses kerja yang seperti pembentukan lapisan sehingga air yang sudah masuk dan terserap oleh kulit kemudin akan tertahan dan tidak dengan mudah menguap. Gunakanlah pelembab yang cocok.

Sebaiknya hindarilah berendam dengan menggunakan air hangat. Untuk merasa rileks dan nyaman maka disaat Anda sedang berendam di dalam air hangat malah akan membuat Anda menjadi malas untuk bangun dari kamar mandi. Dan anda pun sadar bahwa tndakan ini dilakukan malah menjadi suatu hal yang kurang baik di dalam tubuh. Sebaiknya mulailah untuk menghindari berendam air panas terlalu lama.

 Penyebab Kulit Kering


=====================================

>>> Pemutih Wajah Alami Untuk Membantu Memutihkan Kulit Wajah, Flek Hitam & Bekas Jerawat Secara Alami, Produk Herbal, Klik Detail Disni!
=====================================



=====================================

>>> Cream Pemutih Badan Untuk Memutihkan Badan Atau Tubuh, Ketiak, Selangkangan dan Bagian Kehitaman Pada Tubuh, Produk Herbal, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Kulit Kering and tagged , , , , . Bookmark the permalink.