Pengobatan Kulit Kering

Kulit kering menimbulkan berbagai keluhan yang bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Sebagian besar kasus kulit kering tidak terlalu mengganggu sehingga jarang membuat penderita kulit kering ke dokter. Meskipun demikian jika ada beberapa hal ditemui, sebaiknya segera diberikan pengobatan.

- Tidak terjadi perbaikan meskipun sudah dilakukan tindakan perawatan kulit dengan memakai pelembab.
- Kulit kering disertai dengan kemerahan
- Kulit kering dan gatal, sehingga mengganggu kualitas tidur.
- Terdapat luka terbuka atau infeksi akibat terlalu sering digaruk.
- Daerah yang mengalami scaling atau peeling sanga luas.

Kulit kering tidak bisa disepelekan begitu saja. Pada beberapa orang, kulit kering dapat mengakibatkan eksema yaitu peradangan kronik kulit yang kering dan gatal. Bisa beruap Folikulitis (radang kantung rambut), ataupun Selulitis (infeksi jaringan di bawah kulit). Komplikasi infeksi tersebut terjadi jika fungsi perlindungan di dalam kulit menjadi sangat terbatas. Contohnya kulit yang kering di daerah kaki, kulit menjadi pecah-pecah, sehingga menjadi terbuka. Kondisi ini mengakibatkan bakteri dapat masuk ke dalam kulit, hingga mengakibatkan infeksi.

Beberapa penyakit dapat mengakibatkan kulit kering. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kondisi kesehatan tubuh Anda. Selain itu dokter akan menanyakan kebiasaan mandi, penggunaan pelembab, diet dan perawatan kulit yang Anda lakukan.

Pengobatan untuk kulit kering

Sebagian besar kasus kulit kering akan hilang dengan sendirinya, namun, jika penyebab kulit kering adalah penyakit, harus dilakukan pengobatan kulit kering yang disebabkan pada penyakit tersebut agar dapat diatasi dengan baik.

Disarankan menggunakan pelembab dan hindari mandi dengan cara berendam dalam waktu lama. Jika seseorang memiliki kulit yang sangat kering dan bersisik, pelembab krim yang dijual bebas yang mengandung asam laktat dan urea dapat membantu mengatasi masalah kulit kering.

Terkadang kulit yang kering dapat mengakibatkan dermatitis dimana kulit menjadi kemerahan. Pada kondisi ini diperlukan obat krim anti radang golongan streoid. Jika kulit menjadi pecah dan terbuka, dokter memberikan salep antibiotik untuk pencegahan infeksi.

Kulit kering memang sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan hidup yang kurang sehat untuk kulit, namun perlu diperhatikan bahwa ada penyakit tertentu yang dapat mengakibatkan kulit menjadi kering. Penyakit tersebut diantaranya :

- Kekurangan hormon tiroid

Kekurangan hormon tiroid dapat mengakibatkan produksi cairan yang berperan untuk mempertahankan kelembaban kulit berkurang.

- Keratosis pilaris

Keratosis pilaris mengakibatkan munculnya benjolan seperti jerawat, mirip gambaran ayam yang dicabuti bulunya atau seperti amplas. Biasanya tampak pada lengan atas, kaki atau bokong. Pada umumnya tidak mengakibatkan nyeri atau gatal. Biasanya penonjolan tersebut tidak berwarna, namun mungkin saja terjadi peradangan sehingga menjadi kemerahan dan muncul nyeri.

- Ichthysis vulgaris

Ichthysis vulgaris. Penyakit ini kadnag disebut dengan baik dan malah berkumpul menjadi tebal, kering dan bersisik. Sisiknya kecil dan warnanya berkisar antara putih hingga cokelat. Penyakit ini dapat mengakibatkan mengelupasnnya kulit di bagian kepala, kulit pecah-pecah pada bagian tangan dan kaki, disertai rasa nyeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>