Merawat Kulit Kering

Merawat Kulit Kering – Ciri ciri kulit kering adalah permukaan kulit yang terasa kasar, tipis dan terasa tegang. Cenderung bersisik, terutama di daerah alis. Sering terasa gatal cenderung timbul keriput-keriput halus sebelumnya waktunya. Elastisitas kulit kurang dan sering bersifat sensitif. Sifat ini terbentuk akibat kurangnya sekresi kelenjar minyak dan sekresi kelenjar keringat. Dapat juga terjadi oleh penggunaan sabun berdeterjen tinggi maupun kosmetik berkadar alkohol tinggi, sering terkena sorotan sinar matahari langsung, memiliki kebiasaan merokok, sering berada dalam ruangan ber AC atau berheeater secara terus-menerus dalam waktu lama, kekurangan vitamin C dan kurang banyak minum air dalam dietnya.

Merawat Kulit Kering

Merawat Kulit Kering

Bertambahnya usia, sering berada di ruangan ber AC serta banyak bekerja di lapangan merupakan beberapa contoh penyebab kulit kering dan kusam. Tidak ada cara untuk menghindarinya, tetapi ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya. Cara-caranya antara lain, menggunakan pelembap kulit yang sesuai dengan jenis kulit kering dan kusam, menggunakan sabun dengan mosturizer tinggi untuk menjaga kelembapan kulit, memperbanyak konsumsi vitamin E dan memperbanyak asupan makanan yang kaya zat antioksidan.

1. Dengan menggunakan masker dari buah apel

  • Iris tipis buah apel secukupnya
  • Gosokkan airnya pada kulit wajah dan biarkan sampai mengering
  • Setelah itu basuh dengan air dingin

2. Merawat kulit kering dengan menggunakan masker buah alpukat

Untuk mengatasi dan merawat kulit kering, gunakan buah alpukat. Dengan cara mengambil daging buah alpukat, lalu haluskan sampai seperti bubur. Gunakan untuk masker dengan cara memoles muka yang kering. Setelah lapisan masker alpukat tersebut mengering, basuh muka dengan air.

3. Merawat kulit kering dengan menggunakan tabir surya

Tabir surya selain dapt menjaga kulit dari terpaan sinar matahari, juga dapat merawat dan mengatasi kulit kering. Penggunaan tabir surya akan lebih efektif digunakan pada pagi dan malam hari. Agar kulit selalu terawat dan mencegah dari kulit kering.

4. Banyak minum air putih

Kulit tubuh yang mudah mengalami kekeringan seperti wajah, tangan dan kulit kaki. Satu hal penyebab kulit kering adalah tubuh kekurangan cairan, maka konsumsi air putih dapat membantu kulit tetap lembab. Disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas atau setar dengan 2 liter per hari atau lebih sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan menyeimbangkan sumber vitamin lainnya agar kulit tetap terlihat sehat.

Merawat kulit kering dengan menggunakan pelembab. Penggunaan pelembab kulit wajah merupakan alah satu hal yang sangat dianjurkan agar tetap dipakai oleh mereka yang mempunyai jenis kulit wajah kering. Orang yang tidak bisa menghindari sinar matahari dan juga ruangan yang ber-AC. Namun, tidak semua jenis pelembab kulit bisa angat cocok untuk semua jenis kulit. Ada beberapa jenis pelenbab yang ,alah bisa menimbulkan efek kurang baik untuk kesehatan kulit misalnya malah menimbulkan panas, perih, serta gatal dan bahkan bisa menimbulkan pengelupasan pada kulit. Untuk mendapatkan pelembab apa yang cocok untuk kulit kering, maka pastikan  Anda sudah mentehaui terlebih dahulu jenis kulit Anda untuk memudahkan Anda dalam memilih produk pelembab apa yang baik. Dan jangan lupa untuk tetap melihat panduan lengkap pada produk yang akan Anda beli terlebih dahulu.

Selain dengan menggunakan pelembab yang cocok untuk merawat kulit kering, ada hal lain yang bisa dilakukan yakni adalah mengonsumsi makan-makanan yang mengandung omega-3. Kandungan omega-3 yang ada di dalam makanan bisa membuat kulit terlihat lebih segar dan terlihat lebih sehat. Contohya adalah seperti ikan salmon, sardine, dan kenari. Makanan-makanan ini bisa sangat membantu untuk menghasilkan air yang mineral dan minyak alami.

Menjauhi stress merupakan salah satu hal yang bisa membantu untuk merawat kulit kering secara alami. Karena salah satu penyebab dari terjadinya kulit kering bisa disebabkan karena stres. Stress akan membuat kulit wajah terlihat lebih kusam dan juga terlihat lebih pucat oleh karena otulah usahakan untuk tetap membuat pikiran Anda tetao dalam keadaan rileks agar bisa terhindar dari stress yang berat. Karena stress juga memberikan pengaruh buruk pada kelembapan kulit, karena jika pikiran yang terlalu banyak beban dan juga terlalu stress, maka aliran darah yang ada di dalam tubuh menjadi tidak lancar. Kondisi seperti ini akan membuat kulit menjadi lebih tegang dan semakin lama akan semakin terlihat kering dan terlihat kusam.

Mendapatkan tidur yang cukup dan juga berkualitas. Karena kurang tidur bisa menyebabkan kulit wajah terlihat lebih kusam dan terlihat lebih kering. Oleh sebab itulah, jangan membiasakan tidur malah sekali, kecuali untuk Anda yang bekerja di malam hari, maka Anda bisa tidur di siang haru. Karena begadang bisa menyebabkan kulit menjadi kering, sebaiknya hindarilah begadang.

Merawat Kulit Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>