Mencegah Kulit Kering

Kulit kering yang mengakibatkan kulit tampak kering, bersisik, pecah-pecah, menyerupai gambaran porselain yang pecah-pecah. Kulit mengalami radang, gatal, dan kadang berdarah. Kulit kering juga mengakibatkan frustasi, mengakibatkan perubahan warna pada kulit. Selain ini mengakibatkan kulit menjadi kemerahan, kering, bersisik tebal seperti susunan atap genteng yang berwarna keputihan. Pada kasus yang parah, kulit menjadi pecah-pecah, terjadi perdarahan dan terdapat nanah.

Sebaiknya penderita berkonsultasi dengan dokter, jika mendapatkan penyakit yang menyebabkan kulit kering atau mengalami kulit kering yang tidak sembuh meskipun sudah mengubah gaya hidup.

Ada beberapa cara dalam mencegah kulit kering, diantaranya adalah :

1. Memberikan pelembab bagi kulit untuk mempertahankan agar air tetap berada di kulit terutama setelah mandi dan sewaktu-waktu bila perlu. Jika kulit terlalu kering dapat digunakan minyak baby (baby oil). Saat ini sudah tersedia kosmetik yang mengandung pelembab untuk dapat mempertahanlan kelembaban kulit.

2. Saat mandi gunakan air suhu kamar, jangan air panas, air yang hangat kuku masih diperbolehkan dan hindari mandi dalam waktu yang lama. Sebaiknya waktu mandi sekitar 15 menit, jangan terlalu lama.

3. Hindari penggunaan sabun yang dapat mengakibatkan kulit kering seperti sabun yang mengandung antiseptik. Jika kulit Anda termasuk jenis kulit kering, gunakan sabun yangg mengandung pelembab dan minyak, sehingga kulit tetap lembut. Jangan membilas sabun berpelembab tersebut dengan terlalu banyak hingga kulit terasa kesat. Kulit yang lembab akan terasa lembut, licin dan nyaman setelah dibersihkan dengan sabun tersebut, tidak kering dan tegang.

4. Berikan segera pelembab padakulit setelah mandi. Jika menggunakan sabun yang mengandung pelembab, hal ini dapat membantu mempertahankan air di permukaan kulit Anda.

5. Pilih bahan yang cocok dengan jenis kulit Anda, bahan alami seperti sutra dan kapas dapat memberikan kenyamanan kulit. Bahan wool pada kulit tertentu dapat menjadikan iritasi. Jika kulit Anda tipe kering, saat mencuci pakaian, hindari penggunaan pewangi atau pewarna. Zat tersebut dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.

Jika terdapat gatal pada kulit yang kering, berikan kompreas air dingin. Jika setelah diberikan kompres ait dingin gejala tidak berkurang, segera konsultasikan dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>