Kulit Kering

Kulit kering merupakan akibat dari hilangnya minyak alami dan kelembapan kulit. Kulit menjadi kasar, kusam, bersisik, terkelupas atau pecah-pecah. Kulit yang kering pada usia setengah baya merupakan hal biasa, tetapi hal ini banyak juga terjadi pada usia muda. Jika tidk mendapatkan perawatan dapat mempercepat proses penuaan dini.

 Kulit Kering

Kulit Kering

Kulit kering terjadi jika keseimbangan kadar minyaknya terganggu, sama seperti kulit berminyak. Perbedaan adalah kulit berminyak terjadi akibat kelebihan minyak, sedangkan kulit kering terjadi akibat kekurangan minyak. Kandungan lemak atau sebum pada kulit kering sangat sedikit sehingga mudah terjadi penuaan dini.

Penuaan dini ditandai dengan kulit kering, bersisik, kasar dan disertai munculnya keriput dan noda hitam atau flek. Karena itu, kulit kering memerlukan perawatan yang bersifat pemberian nutrisi agar kadar minykanya tetap seimbbang dan kelembaan tetap terjaga.

Sebagian besar perempuan yang tinggal di daerah tropis memiliki jenis kulit kombinai yaitu kulit kering berminyak atau normal berminyak. Kulit kombinasi terjadi jika kadar minyak pada wajah tidak merata. Di bagian tertentu kelenjar keringat sangat aktif, sedangkan di bagian lain tidak. Karena itu, perawatan kulit kombinasi memerlukan perhatian khusus atau diperlukan bantuan dokter akulit atau dermatologis.

Kulit kering masalah yang lebih sering muncul pada kulit yang menua, khususnya setelah menopause karena produksi kelenjar sebasea menurun dan kulit kehilangan kemampuan alaminya untuk mempertahankan kelembapan. Kecenderungan kulit menjadi kering adalah faktor keturunan, meskipun mesin pemanas, pendingin ruangan dan kelembapan udara menjadi penyebab penyerta lainnya. Sinar UV juga mengganggu daya ikat dalam sel, melepaskan jaringan sel yang kuat di epidermis, sehingga kelembapan mudah hilang. Akibatnya, permukaan kulit menjadi bersisik dan garis kerutan tampak jelas.

Dermatolog menekankan bahwa sangat penting untuk menjaga kulit yang keringa agar cukup lembap sehingga tidak membuatnya menjadi sensitif. Kulit yang sangat kering dapat menjadi pertanda awal eksim atopik. Pengelupasan lembut seperti produk AHA dapat dipakai untuk membantu permukaan kulit tetap halus dan agar pelembab mudah diserap. Krim tidak harus megandung minyak untuk dapat bekerja dengan baik. pilihlah krim dengan tekstur yang nyaman di kulit. Klinik kulit sering menggunakan Lanolin sebagai bahan tetapi untuk kulit kering yag sudah kronis. Pelembap semprot juga digunakan untuk mencegah kulit menjadi kering dan gatal.

Untuk Anda yang mempunyai jenis kulit kering, maka Anda harys memberikan perhatian lebih pada kuit wajah Anda. Anda harus memperhatikan pada garis-garis halus yang timbul disaat makan usia, dan terutama pada bagian tepi mata, garisan senyuman dan bagian dahi.

Untuk tahap kelembapan dan sebum kulit kering jenis ini mengandung kadar minyak yang rendah. Dan satu-sayunya cara yang bisa dilakukan untuk menangani masalah ini ialah deng cara menggunakan pencuci muka yang berbusa. Biarkan dia b erada diatas kulit sebelum dibersihkan dengan menggunakan kapas lembut. Dan cucilah dengan menggunakan air yang sejuk, dan pastikan Anda tetap menggunakan krim pelembab yang mempunyai tahapan kelembapan yang tinggi. Jika kulit  Anda bersisik atau terasa kencang pada bagian wajah, maka kemungkinan besar Anda memiliki jenis kulit yang keriing. Namun, jika biasanya kulit Anda normal, dan setelah itu perubahan menjadi kering biasanya disebabkan karena beberapa hal, misalnya adalah karena kurang minum air, akibat musim panas, udara yang dingin, atau bisa juga disebabkan karena hal-hal yang berhubungan dengan adanya faktor lingkungan. Jika Anda berganti sabun, itu menjadi salah satu penyebab kuli kering. Atau bisa juga disebabkn karena pelembab. Karena pelembab juga bisa menyebabkan reaksi alergik yang terjadi dan bisa memberikan suatu pengaruh yang berbeda pada kulit, jadi untuk membantu mengatasinya sebaiknya adalah dengan mengganti produk perawatan Anda.

Untuk jenis kulit kering, maka sebaiknya untuk memilih kosmetik yang berbahan krim, misalnya adalah foundation dan juga concealer yang mengandung krim. Untuk jenis eyeshadow, cream, atau juga silk-textured powder eyeshadow menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dan selain itu juga, gunakanlah lipstik yang mengandung pelembab dan vitamin E.

Cara mengatasi dan merawat kulit kering dengan menggunakan masker bisa dilakukan dengan masker madu  dan kuning telur. Cara membuatnya adalah campurkan sekitar 1 sendok makan madu dengan 1 sendok kuning telur. Kemudian kocoklah selama kurang lebih 30 detik. Anda bisa mengoleskan campuran tersebut. Bisa di oleskan pada wajah, leher, lengan, dan yang paling penting adalah bagian kulit yang kering dan bersisik. Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit, mungkin akan terasa sedikit lengket pada kuit Anda. Dan bilaslah dengan menggunakan air hangat.

Untuk mendaptkan kulit yang segar dan terlihat lebih lembab, maka hal yang dilakukan adalah satu aplikasi saja. Lakukan dengan rutin untuk membantu meningkatkan kelembapan wajah.

 Kulit Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>