Kulit Kering

Kulit kering merupakan akibat dari hilangnya minyak alami dan kelembapan kulit. Kulit menjadi kasar, kusam, bersisik, terkelupas atau pecah-pecah. Kulit yang kering pada usia setengah baya merupakan hal biasa, tetapi hal ini banyak juga terjadi pada usia muda. Jika tidk mendapatkan perawatan dapat mempercepat proses penuaan dini.

Kulit kering terjadi jika keseimbangan kadar minyaknya terganggu, sama seperti kulit berminyak. Perbedaan adalah kulit berminyak terjadi akibat kelebihan minyak, sedangkan kulit kering terjadi akibat kekurangan minyak. Kandungan lemak atau sebum pada kulit kering sangat sedikit sehingga mudah terjadi penuaan dini.

Penuaan dini ditandai dengan kulit kering, bersisik, kasar dan disertai munculnya keriput dan noda hitam atau flek. Karena itu, kulit kering memerlukan perawatan yang bersifat pemberian nutrisi agar kadar minykanya tetap seimbbang dan kelembaan tetap terjaga.

Sebagian besar perempuan yang tinggal di daerah tropis memiliki jenis kulit kombinai yaitu kulit kering berminyak atau normal berminyak. Kulit kombinasi terjadi jika kadar minyak pada wajah tidak merata. Di bagian tertentu kelenjar keringat sangat aktif, sedangkan di bagian lain tidak. Karena itu, perawatan kulit kombinasi memerlukan perhatian khusus atau diperlukan bantuan dokter akulit atau dermatologis.

Kulit kering masalah yang lebih sering muncul pada kulit yang menua, khususnya setelah menopause karena produksi kelenjar sebasea menurun dan kulit kehilangan kemampuan alaminya untuk mempertahankan kelembapan. Kecenderungan kulit menjadi kering adalah faktor keturunan, meskipun mesin pemanas, pendingin ruangan dan kelembapan udara menjadi penyebab penyerta lainnya. Sinar UV juga mengganggu daya ikat dalam sel, melepaskan jaringan sel yang kuat di epidermis, sehingga kelembapan mudah hilang. Akibatnya, permukaan kulit menjadi bersisik dan garis kerutan tampak jelas.

Dermatolog menekankan bahwa sangat penting untuk menjaga kulit yang keringa agar cukup lembap sehingga tidak membuatnya menjadi sensitif. Kulit yang sangat kering dapat menjadi pertanda awal eksim atopik. Pengelupasan lembut seperti produk AHA dapat dipakai untuk membantu permukaan kulit tetap halus dan agar pelembab mudah diserap. Krim tidak harus megandung minyak untuk dapat bekerja dengan baik. pilihlah krim dengan tekstur yang nyaman di kulit. Klinik kulit sering menggunakan Lanolin sebagai bahan tetapi untuk kulit kering yag sudah kronis. Pelembap semprot juga digunakan untuk mencegah kulit menjadi kering dan gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>