Kulit Kering dan Perawatannya

Kulit Kering dan Perawatannya – Tubuh kita terdiri untuk ± 64% dari air. Oleh karena itu, dapatlah dimengerti betapa pentingnya fungsi kulit yang sehat sebagai pelindung untuk menghindari kehilangan cairan tersebut. Untuk tujuan in dalam kulit terdapat unsur-unsur yang bedaya mengikat air dan mencegah penguapan cairan yakni urea, natriukklorida dan asam-asam amino. Terutama kulit ari berperan penting dalam pelindungan ini, khususnya bagi keseimbangan antara cairan dan lemak yang pada kulit kering terganggu. Keadaan ini timbul pada misalnya eksim alergis dan eksim atopis.

Kulit Kering dan Perawatannya

Kulit Kering dan Perawatannya

Kulit yang kering sering kali mengakibatkan gatal-gatal terutama pada lansia. Sebabnya adalah berkurangnya cairan dalam kulit yang menyebabkan perasaan kering dan kaku pada kulit yang terlihat agak keriput. Kulit arinya menipis dan kurang dapat menahan cairan, juga mudah sekali lecet bila terbentur sesuatu. Penyebab lain adalah penyakit gula, penderitanya kerap kali memiliki kulit kering akibat kehilangan protein tubuh. Juga sinar matahari mengakibatkan pengerasan dari kulit ari akibat perubahan-perubahan kimiawi.

Kulit Kering dan Perawatannya

Perawatan kulit kering pada hakikatnya tidak mudah diatasi karena cairan harus dimasukkan dari bagian dalam dari kulit dan tidak dapat mempenetrasi dari luar. Oleh karena itu, krem dengan naman yang muluk-muluk dan harga yang cukup tinggi dalam praktik ternyata sangat mengecewakan.

Kulit Kering dan Perawatannya dengan keluhan gatal-gatal pada lansia ditanggulangi efektif dengan mengolesi kulti secara teratur dengan suatu krem pelembap. Misalnya Lubriderm dan Eucerin atau krem sederhana tanpa merek (krem Lanette dari apotik)sama efektifnya dengan krem bermerk yang mahal. Ataupun bila tidak tersedia dan lebih murah lagi adalah menggunakan minyak kembang matahari, minyak jagung dan jenis minyak yang sering digunakan untuk membantu mengatasi kulit kering.

Jenis minyak seperti minyak jagung, minyak zaitun, dan minyak kembang matahari setelah digosokkan pada kulit kering berguna untuk menghindari keluarnya lebih banyak lembap. Kulit dirasakan menjadi lebih lentur sehingga psikologis menghasilkan perasaan nyaman

Sabun untuk mandi sebaiknya digunakan sabun dengan lemak berlebihan (Oilum soap) atau sabun bayi dan janganlah digunakan terlampau banyak atau terlalu sering. Untuk bayi dengan kulit kering dianjurkan untuk membubuhkan sedikit minyak kedelai pada air mandinya untuk membuat kulitnya lemas.

Hidratansia. Ternyata bahwa krem yang mengandung suatu zat yang bersifat menarik air seperti gliserin propilengkol atau urea, berguna untuk mempertahankan cairan dalam lapisan kulit. Krem dengan 10% urea tersedia sebagai obat bebas. Kulit Kering dan Perawatannya dengan menggunakan krem ini pada permulaan digosokkan 2-3 kali sehari pada kulit kering, kemudian setelah kulit menjadi lemas dan lentur 1 kali sehari. Jangan digunakan sekitar mata kaerna bersifat merangsang.

Kulit kering dan perawatannya dalam hal pemakaian kosmetik haru sangat diperhatikan. Pemilihan bedak harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan Anda. Bedak tabur sangat tidak praktis untuk dibawa pergi, karena akan mudah tumpah. Oleh karena itulah, untuk merias wajah dirumah, maka gunakanlah bedak tabur, dan untuk membantu merapikan riasan wajah diluar rumah, Anda bisa menggunakan bedak padat. Bedak padat selain praktis, juga bisa disesuaikan dengan jumlah pemakaiannya. Jika terjadi suatu keuslitan dalam pemakaian bedak atau karena merasa oros dengan menggunakan bedak tabur, maka Anda bisa menggantinya dengan bedak padat namun yang cocok dengan jenis kulit Anda.

Atau Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai perawatan untuk kulit kering Anda. Masker merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Masker untuk kulit kering bisa digunakan seperti dibawah ini :

  1. Masker Alpukat
    Buah Alpukat merupakan salah satu buah yang bisa membantu melembapkan kulit secara alami. Sangat cocok untuk jenis kulit kering agar bisa lebih lembab dan bisa lebih lembut serta kenyal.
    Cara membuat masker alpukat adalah : lumatkan 1 buah alpukat, kemudian dicampur dengan menggunakan 1 sendok makan madu dan aduklah dengan rata. Setelah itu oleskanlah merata ke seluruh wajah, dan biarkanlah selama sekitar 10 menit hingga sampai mengering. Dan kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat dan spons dengan lembut.
  2. Masker buah pisang
    Cara membuat masker buah pisang untuk kulit kering adalah masukkanlah 2 buah pisang dan 2 sendok makan madu kemudian 118 ml yoghurt ke dalam blender. Oleskanlah masker dengan merata pada seluruh wajah dan biarkanlah selama kurang lebih 20 menit atau sampai masker mengering. Setelah itu bilaslah wajah dengan menggunakan air hangat.
  3. Masker mentimun
    Cara membuat masker mentimun adalah kupas buah mentimun kemudian dikeluarkan semua biji mentimun. Dan setelah itu potonglah buah mentimun dalam potongan-potongan yang kecil. Dan masukkan mentimun ke dalam blender, setelah itu ditambahkan dengan 2 sendok makan buah lidah buata. Blenderlah sampai halus, kemudian oleskan campuran dari masker tersebut ke wajah dan dibiarkan selama 30 menit, kemudian bilaslah dengan menggunakan air dingin.

 Kulit Kering dan Perawatannya


=====================================

>>> Pemutih Wajah Alami Untuk Membantu Memutihkan Kulit Wajah, Flek Hitam & Bekas Jerawat Secara Alami, Produk Herbal, Klik Detail Disni!
=====================================



=====================================

>>> Cream Pemutih Badan Untuk Memutihkan Badan Atau Tubuh, Ketiak, Selangkangan dan Bagian Kehitaman Pada Tubuh, Produk Herbal, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Kulit Kering and tagged , , , , . Bookmark the permalink.