Cara Mengatasi Kulit Kering

Sama dengan kulit berminyak, kulit kering terjadi jika keseimbangan kadar minyak terganggu. Perbedaannya adalah jika pada kulit berminyak terjadi kelebihan minyak, padakulti kering sangat sedikit, sehingga mudah terjadi penuaan dini yang ditandai keriput dan kulit terlihat lelah. Karena itu kulit kering memerlukan perawatan yang bersifat pemberian nutrisi agar kadar minyak tetap seimbang dan kulit selalu terjaga kelembapannya. Kulit kering yang tidak dirawat akan terlihat kasar.

Salah satu keuntungan kulit kering adalah riasan dapat lebih awet, karena kadar sebum dalam lapisan dermis tidak berlebihan hingga melarutkan riasan. Ciri ciri kulit wajah kering :

- Kulit halus tetapi dengan mudah menjadi kasar dan telrihat kusam

- Tidak terlihat minyak berlebihan di daerah T (dahi, hidung dan dagu)

- Kulit mudah timbul kerutan

- Mudah timbul noda hitam

- Mudah berisisk

- Riasan yang dikenakan tidak mudah luntur

Sebum berfungsi sebagai pertahanan terhadap musuh utama kecantikan wanita yang berupa penuaan dini. Karena kadar sebum dalam kulit kering sanggat sedikit, penuaan dini akan mudah terjadi. Biasanya penuaan dini ditandai dengan kulit terlihat lelah, kering, bersisik, kasar dan disertai munculnya keriput dan noda hitam atau flek.

Tips menjaga kelembaban kulit :

- Menghindari bahan yang dapat mengurangi kelembaban kulit, misalnya sabun dengan pH tidak seimbang (pH yang sesuai jenis kulit manusia adalah 4-6) atau lakohol yang terlalu pekat (biasanya terdapat dalam penyegar/astrigent).

- Mengurangi pemakaian air panas untuk mandi (suhu di atas 34◦C), sebaiknya segera mengenakan pemlembab sehabis mandi dengan air panas

- Banyak minum air putih (minimal 8 gelas per hari)

- Selalu mengenakan pelembab sesuai jenis kulit. Aka lebih baik (jika pemebab tersebut mengandung tabir surya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>